Perancangan Organisasi Ke-1

Manajemen Organisasi

TUGAS DAN FUNGSI MANAJER

Adapun tugas dan fungsi dari manajer sebagai mana mestinya adalah sebagai berikut:

  • Memahami misi perusahaan (arah dan ruang gerak bisnis)
  • Mengantisipasi keadaan dan persoalan masa depan
  • Menentukan tujuan
  • Menentukan courses of action
  • Menyiapkan sumber daya
  • Mengendalikan penggunaan sumber daya
  • Siap menghadapi kontingensi

MANAGERIAL PERFORMANCE (DRUCKER)

Adapun performasi manager dapat ditentukan berdasarkan dua aspek berikut:

  • EFICIENCY : hubungan input-output -> menghasilkan dengan sumber-sumber yang ekonomis (doing thing right)
  • EFECTIVENESS : kemampuan untuk menentukan tujuan serta kemampuan untuk mencapainya (doing the right thing)

PERSOALAN DASAR MANAJEMEN

Adapun persoalan yang sering dihadapi manajer sebagai mana dasarnya adalah sebagai berikut:

  • Ketidakpastian : ketidak-lengkapan informasi mengenai masa depan
  • Keterbatasan : keterbatasan sumber daya

PENDEKATAN MANAJEMEN

Pendekatan manajemen dapat dilakukan dengan berbagai metode seperti berikut:

  • Pendekatan Kewira-usahaan : intutif dan agresif, dramatic leap forward in face of uncertainty
  • Pendekatan Penyesuaian : konservatif, pertumbuhan tanpa pola
  • Pendekatan Terencana : sistematis, terstruktur, rasional

ATRIBUT MANAJEMEN

Beberapa Atribut manajemen yang sering digunakan dalam organisasi adalah sebagai berikut:

  • Kekuasaan : pelaksanaan tugas dan fungsi (memerlukan dukungan kekuasaan)
  • Tujuan : pencapaiannya menuntut kemitmen dan motivasi
  • Proses : pelaksanaan tugas dan fungsi
  • Manusia : pendukung proses & pelaksana
  • Sumber daya : fisik dan non fisik

KETERAMPILAN MANAJER (KATZ, 1955 & MANN, 1965)

Menurut Katz dan Mann (1995 & 1965) keterampilan yang dimiliki oleh manajer dapat diketahui berdasarkan beberapa hal berikut:

  • Keterampilan Konseptual (Conceptual skill) : kemampuan untuk mengkoordinasikan dan mengintegrasikan seluruh kegiatan unit organisasi sebagai suatu sistem serta melaukan antisipasi dari dampak perubahan suatu unit organisasi terhadap unit yang lain
  • Keterampilan meng-Handle Manusia (Human skill) : kemampuan untuk bekerja sama dengan orang lain dan mengerti tentang memotivasi orang lain sebagai individu atau kelompok
  • Keterampilan Teknis (Technical skill) : kemampuan untuk menggunakan prosedur, teknik atau pengetahuan dalam bidang tertentu (engineer, accountant, ahli bedah)
  • Keterampilan Konseptual (Conceptual skill) : analitik, berpikir logis, membuat konsep, hubungan kompleks, ambiguous, pemecahan masalah, analisa/antisipasi perubahan
  • Keterampilan meng-Handle Manusia (Human skill) : perilaku manusia, proses interpersonal, memahami perasaan, sikap, motif orang lain, berkomunikasi, membuat hubungan kooperatif
  • Keterampilan Teknis (Technical skill) : metoda, proses, prosedur, menggunakan alat, mengoperasikan peralatan


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perancangan Organisasi Ke-1"

Post a Comment